Mural Art

mural art

Mural art menjadi hal populer di Indonesia selama beberapa tahun terakhir ini. Berawal dari grafiti yang ditemui pada jalanan, kini Mural menjadi karya seni yang menarik untuk dipamerkan dalam beberapa galeri. Bahkan penerapan Mural juga mengundang minat sebagian masyarakat untuk mempercantik interior rumah mereka. Mengapa mural begitu diminati oleh banyak kalangan?

Jika Anda berjalan-jalan ke kota Yogyakarta, Anda pasti akan sering berjumpa dengan jenis seni ini. Awalnya, Mural merupakan bentuk ekspresi dari para seniman yang ditumpahkan dalam dinding-dinding tak terpakai di sepanjang jalanan. Kadang, mural juga ditemukan pada bangunan-bangunan lain dengan gaya yang sangat unik dan beragam. Singkatnya, seni mural selalu identik dengan seni jalanan.

Seni Yang Dilahirkan Jalanan


Sebagai sebuah seni yang lahir dari jalanan, Mural adalah satu ekspresi perlawanan terhadap dominasi visual komersial yang sekarang merajalela di sudut-sudut kota. Mural merupakan bentuk pernyataan yang bukan sekadar menandingi papan-papan reklame, namun sekaligus ingin menyadarkan masyarakat perihal pentingnya mempertahankan ruang publik yang bebas dari sampah visual komersial.

Mural Sebagai Seni Kritik


Ekspresi mural dapat juga di gunakan untuk menyatakan kritik-kritik tajam terhadap pemerintah yang tidak menghiraukan apresiasi rakyat. Dengan balutan estetikan yang unik, kritik yang disampaikan menjadi sangat kreatif dan cerdas. Namun banyak juga seni mural yang sebenarnya sedang menggubah tatanan dan gaya hidup masyarakat urban. Seperti gaya hidup konsumtif dan apatis terhadap masalah sosial.
Tag : Mural
Back To Top