Lukisan Mural


Gaya Ekspresif Mural


Mural tak selalu identik dengan gaya ekspresif yang mirip seperti pamflet. Namun seni visual ini juga bisa diciptakan dengan gaya elegan tanpa meninggalkan unsur khasnya. Lukisan mural adalah salah satu contoh yang bisa kita temukan di beberapa sudut kota. Sebagai sebuah seni yang lahir dari masyarakat urban, unsur-unsur yang paling menonjol adalah goresan cat yang tegas dan sarat dengan sindiran sosial. Tetapi gaya lukisan rumit juga selalu kita temukan pada bidang yang cukup luas dengan tema dan alur kuat. Mengingat fungsinya sebagai karya seni, lukisan pada dinding-dinding jalanan jelas sangat bermanfaat untuk menghibur para pengguna jalan yang kini semakin terhimpit kemacetan lalu lintas.

Mengembalikan Ruang Publik


Menariknya, seni mural selalu mampu mencuri perhatian ruang publik melalui pemilihan sudut-sudut tata kota yang lihai. Satu contoh yang patut diapresiasi karena pada akhirnya seni yang lahir dari masyarakat akhirnya bisa kembali dinikmati di ruang publik yang mudah diakses. Dan bukan di galeri-galeri seni yang harus membayar mahal untuk masuk ke dalamnya.

Wadah Kreativitas


Peran masyarakat juga sangat penting dalam mengembangkan penerapan seni mural. Berawal dari kegelisahan akibat dikotorinya dinding-dinding jalanan akibat dicorat-coret secara tak bertanggungjawab. Mural menjadi solusi ampuh untuk menampung kreativitas dari anak muda dengan cara yang lebih tepat. Selain itu, Mural juga dapat menjadi sarana yang ampuh dalam memperkuat identitas masyarakat dengan ciri khas tertentu dari lukisan-lukisan yang telah dibuat.

Back To Top